Sunday, July 20, 2014

Free tutorial 27 - Saku Celana

Senin 21 Juli 2014

BSD City Serpong



Dear sewing lovers,
senangnya semakin hari semakin banyak teman teman 
yang bisa menjahit sendiri 
dengan bantuan tutorial yang saya buat 

Hari ini saya akan membuat saku celana , 
saku ini bisa juga diaplikasikan pada rok 





Saya punya bahan kanvas stretch 1,25 mtr 
dengan lebar bahan 150 cm. 
Tapi belum belum punya retsleting yang panjangnya 25 cm
retsleting biasa ya 
bukan retsleting jepang 



Pola celana nya saya bikin dari e tutorial celana panjang ini 

Buat yang belum punya bisa hubungi 081386499923 
e tutorial ini dalam bentuk file pdf 
yang akan saya kirim via email 




Pertama kita buat pola celana panjang depan dan 
pola celana panjang belakang 

Saya maunya celana panjang pensil 
jadi bagian pipa celana akan saya kurangi 3 cm kiri dan 3 cm kanan 
pada kaki celana bagian depan dan bagian belakang 

Perhatikan foto diatas 

Karena bahan saya stretch alias bisa melar, 
jadi kalau mau di bikin lebih kecil lagi 
pipa kaki celananya bisa 

Tapi kalau Anda memakai bahan yang tidak stetch 
pipa kaki kalau terlalu sempit 
nanti lututnya tidak bisa di tekuk 

Tentu saja jadi susah kalau berlutut atau jongkok yaaa .. 





Untuk membuat saku celana yang perlu di rubah 
adalah pola celana depannya saja 
Bentuk saku bisa di sesuaikan dengan keinginan Anda, 
atau Anda bisa juga menyontek 
ukuran saku celana Anda yang ada 

Perhatikan foto diatas ya  
garis merah adakah batas saku sedangkan 
garis hijau adalah batas saku yang ada di dalam celana 

Untuk membuat garis merah ukuran saku saya adalah  
8cm ke kiri dan 9 cm ke bawah dari pojok pola celana depan 
Untuk membuat garis hijau 3 cm ke kiri dari garis merah 
dan 18 cm ke bawah dari garis merah 

Tentu saja ini bukan ukuran pasti, 
Anda bisa merubahnya sesuai keinginan Anda 



Gunting pola , 
Anda akan mendapatkan 3 bagian pola yang akan kita pakai 
Bagian kecil akan di buang

Bagian 1 adalah pola celana depan
Bagian 2 adalah kantong dan 
Bagian 3 adalah bagian dalam kantong, 
untuk bagian 3 saya akan memakai bahan furing saja , 
supaya tidak terlalu tebal






 Perhatikan foto diatas 

ini adalah bahan setelah di gunting sesuai dengan pola  
untuk bagian 3 saya memakai furing warna pink 



Cara menjahit saku celana



Jahit furing saku ke celana panjang 
dengan kampuh 1 cm

Perhatikan foto diatas 



Buat 'cekrisan'  pada kampuh jahitan 
Perhatikan foto diatas 



Balik furing ke bagian belakang  
Hasilnya bila di lihat dari depan 




Hasilnya bila di lihat dari belakang 




Ambil potongan saku no 2 
Jahit pada bagian furing dengan kampuh 1 cm 

Perhatikan foto diatas 




Hasilnya di lihat dari depan

Saku celana Anda sudah selesai, 
mudah yaaaa.... 




Pasang retsleting celana 

Jahit sisi kiri dan kanan celana 

Pasang ban pinggang celana


Tutorial ini belum selesai , 

besok kita lanjutkan lagi yaaa ..





Tatiana Vidi Sulastoro 


1 comment: